PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN BUKIK BARISAN

  • Opi Rahmah Hidayat
  • Diana Zulyetti
  • Syofia Yolanda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi dan kreatifitas siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan   hasil belajar IPA antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas VIII IPA SMP Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan. Jenis penelitian ini menggunakan true eksperimen desain dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling total. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal objektif. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji t, dengan kriteria H1 diterima jika thitung <ttabel . Hasil analisis data didapatkan thitung= 0,07, ttabel dengan dk = 38,

peluang = (1- 1 ????). Berarti thitung < ttabel (0,07 < 2,04) jadi H1 diterima dengan

2

taraf kepercayaan 97,5%. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat perbedaan

yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas VIII IPA SMP Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan Tahun Ajaran 2022/2023.

Published
2023-12-31
How to Cite
Hidayat, O., Zulyetti, D., & Yolanda, S. (2023). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN BUKIK BARISAN. Jurnal Edukasi, 3(2), 1-14. Retrieved from https://mail.jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/93