Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 2 Bukitinggi TA 2020/2021
Abstract
Gaya belajar siswa memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Bukittinggi TA 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner berbentuk angket. Populasi jumlah sampel berjumlah sebanyak 306 siswa menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dalam bentuk angket. Kuesioner menggunakan skala Likert, untuk mengumpulkan data tentang gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama diharapkan mengenal dan memahami karakteristik dari gaya belajar. Kedua, diharapkan guru memahami cara mengajar guru sesuai dengan karakteristik siswa. Ketiga, gaya belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar. Gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik diharapakan disesuaikan dengan gaya pembelajaran guru dan kondisi sekolah maupun sarana serta prasaranan sekolah. Keempat, menciptakan suasana yang kondusif, karena lingkungan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Kelima, melakukan penelitian lanjutan maupun yang sejenis dengan penelitian ini, agar lebih memperhatikan gaya belajar siswa yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, baik gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Sumbangan relatif masing-masing terhadap prestasi belajar, yakni: gaya belajar visual 63,07%, gaya belajar auditorial 11,43%, dan gaya belajar kinestetik 21,89%.
Kata Kunci: gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.